icon

Educative Games Review: Belajar Memasak dengan Cooking Mama


Rating
 
Download Link
Pros
  • Game play yang benar-benar asyik
  • Menu yang beragam
  • Grafik bagus
Cons
  • Ada sebagian menu yang kurang cocok untuk kalangan tertentu
Full Review

Saya jadi teringat ketika seorang mahasiswa disuruh ibunya memasak. Dia bilang tidak bisa. Kemudian ibunya bilang, “masa sudah mahasiswa belum bisa memasak?”. Kata si mahasiswa, “emang sejak kecil belum pernah dilibatkan urusan dapur, kok sekarang disuruh masak ? hehe”. Iya, ketika kita belum pernah memberi tahu/melatih anak kita, sepertinya tidak bisa kemudian kita menuntut anak kita.¬†

Nah, game yang satu ini sebetulnya sudah cukup lama exist di jagad game. Bahkan sekarang sudah banyak sekali variannya. Tapi tidak mengapa saya bahas disini, siapa tahu ada yang belum coba.

Cooking Mama, dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa ini adalah game tentang memasak. Namun bukan kemudian kita membaca resep, tapi dia langsung memberikan pilihan mau masak apa dan kemudian di guide selangkah demi selangkah untuk membuatnya. Kerennya game edukatif ini adalah betul-betul memanfaatkan fitur yang dimiliki smartphone/tablet. Misalnya saja membuat shrimp gyoza (semacam pastel).  Aktivitas dimulai dengan mencopot kepala udang. Dengan fitur touch screen yang dimiliki smartphone, pemain diharuskan tap kepala udang dan menggerakkannya ke atas dan ke bawah sampai kepala tersebut lepas.

Aktivitas berikutnya adalah mengiris udang tersebut sehingga halus. Ini dilakukan dengan cara tap berulang-ulang layar smartphone/tablet, sangat intuitif. Beberapa aktivitas berikutnya adalah merebus dan mencampur udang dengan bumbu, membuat adonan, sampai dengan memasukkan udang cincang tersebut ke dalam adonan pastel. Bentuknya persis sama dengan pastel yang biasa kita beli.

Ada banyak resep yang lain yang bisa dimainkan. Semua dengan resep dan cara memainkan yang berbeda-beda. Pada saat membuat kue jahe misalnya, ada aktivitas menuangkan tepung ke baskom takar. Hal itu dilakukan dengan memiringkan smartphone/tablet kita. Pada saat membuat steak misalnya, ada aktivitas membalikkan steak dengan menghentakkan frying pan. Ini dilakukan dengan cara menghentakkan smartphone/tablet kita. Seru bukan?

Kita sudah bahas bagaiman game ini sangat baik dari sisi game play dan interaksi dengan pemain. Dari sisi grafis, game ini juga sangat baik. Tampilannya menarik. Tidak heran kalau anak-anak (bahkan remaja) begitu senang memainkannya. Saya ingat ketika seorang teman yang memiliki anak yang sedang rewel minta jajan, saya kasihin saja smartphone saya dengan Cooking Mama terbuka. Langsung deh anteng :)

Leave Your Comment